Mesin ADM akan Dioptimalkan

GORONTALO, GP – Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang ditempatkan Pemerintah Kota Gorontalo di city Mall Gorontalo akan lebih dioptimalkan pemanfaatannya. Ini merupakan target kinerja dari Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Gorontalo yang baru saja dilantik, Yusrianto Kadir.

“Mesin ADM, Anjungan Dukcapil Mandiri akan saya optimalkan pemanfatannya, guna memberikan pelayanan dokumen administrasi kependudukan bagi warga Gorontalo, lebih khususnya lagi bagi warga Kota Gorontalo,” kata Yusrianto ketika diwawancarai Gorontalo Post, usai dirinya, Rabu (24/3) kemarin.

Yusrianto menargetkan dalam waktu dekat, masyarakat sudah bisa menggunakan mesin ADM tersebut secara mandiri. “Nanti kayak seperti di kota-kota besar lainnya, masyarakat yang menggunakan secara sendiri. Saat ini kita masih tahap sosialisasi dan edukasi cara penggunaannya kepada masyarakat. Insya Allah, diwaktu selanjutnya, mereka sudah bisa mandiri. Dan itu adalah target utama saya,” ujar Yusrianto.

Lalu, pelayanan apa saja yang bisa masyarakat dapatkan di ADM tersebut ? Yusrianto menjawab, mesin ADM hanya bisa untuk mencetak dokumen kependudukan yang baru atau yang sudah rusak, tidak untuk perubahan data kependudukan.”Kalau ada yang rusak, seperti foto KTP nya kabur, Kartu Keluarganya sudah sobek, itu bisa dicetak disitu.

Caranya, apabila masyarakat sudah di ADM, masyarakat melakukan foto dulu, baru akan ada pin barcode yang dikirim. Dan itu harus ditunggu saat itu juga. Setelah ada PIN barcodenya, KTP baru langsung bisa dicetak disitu. Kalau untuk perubahan data, tidak bisa disitu, masyarakat harus ke kantor Dukcapil,” jelas Yusrianto.

Untuk diketahui, mesin ADM yang diletakkan di city Mall Gorontalo itu merupakan bantuan dari Kemendagri ke Pemerintah Provinsi Gorontalo yang selanjutnya diteruskan ke Pemerintah Kota Gorontalo. Mesin ADM ini sendiri telah diuji coba oleh Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim dan Wakil Walikota Gorontalo, Ryan F. Kono saat pencanagan pemanfaatan mesin tersebut, pekan kemarin.

Kembali ke target kinerja Yusrianto. Selain mengoptimalkan mesin ADM, dirinya juga akan melakukan penataan organisasi dan kelembagaan, peningkatan kualitas SDM, penataan sarana dan prasarana. “Kesemuanya itu untuk mewujudkan perintah pak Walikota dalam hal memberikan layanan kepada masyarakat maksimal 15 menit,” tutup Yusrianto.(rwf)

Comment