logo gorontalo post
  • METROPOLIS
  • PERISTIWA
  • EKONOMI BISNIS
  • SPORTIVO
  • KORAN DIGITAL
No Result
View All Result
Logo gorontalo post
  • METROPOLIS
  • PERISTIWA
  • EKONOMI BISNIS
  • SPORTIVO
  • KORAN DIGITAL
No Result
View All Result
logo gorontalo post
No Result
View All Result
Pemkot Gorontalo
Home Metropolis

Hasil Audit BPKP, PDAM Muara Tirta Berkinerja Baik

Jitro Paputungan by Jitro Paputungan
Saturday, 28 August 2021
in Metropolis
0
Hasil Audit BPKP, PDAM Muara Tirta Berkinerja Baik
Bagikan ke FacebookBagikan ke TwitterBagikan ke Whatsapp

Related Post

Waspada Penipuan Mengatasnamakan Kapolres Boalemo

Pengurusan Pajak Kendaraan Bisa Dilakukan di Mall Gorontalo

Balap Liar Resahkan Masyarakat, Satu Pengendara Kecelakaan, Polisi Amankan 10 Unit Kendaraan

Larangan Buang Sampah di GORR Diabaikan

GORONTALO – GP – Hebat! Kata itu yang pantas disematkan untuk PDAM Muara Tirta Kota Gorontalo. Bagaimana tidak, meski pada tahun 2020 daerah dilanda pandemi Covid-19, PDAM Muara Tirta Kota Gorontalo mampu berkinerja baik dari berbagai aspek. Mulai dari aspek pengelolaan keuangan, administrasi hingga aspek operasional.

Kinerja baik PDAM Muara Tirta Kota Gorontalo ini berdasarkan hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Gorontalo. “Alhamdulillah, berdasarkan hasil audit BPKP terhadap kinerja kami tahun 2020, PDAM Muara Tirta sehat. Poin kami naik sebesar 11,28 dari poin tahun 2019,” ucap Diretur PDAM Muara Tirta, Lucky Paudi ketika diwawancarai, Kamis (26/8).

Tidak hanya berkinerja baik, hasil audit juga menunjukkan jika PDAM Muara Tirta Kota Gorontalo mendapatkan laba. Meski tidak besar, tapi Lucky serta segenap karyawannya sangat mensyukurinya. Pasalnya, kata Lucky, terkait soal laba dan rugi, pihaknya mengalami peningkatan yang signifikan. “Pada 2019 juga kami sehat, tapi merugi. Alhamdulillah, tahun 2020 perusahaan kami sehat, dan ada laba. Walaupun tidak besar, tapi kami sangat bersyukur, karena ini salah satu indikator peningkatan kinerja juga,” tandasnya.

Lantas strategi apa saja yang diterapkan PDAM Muara Tirta hingga berkinerja baik ? Lucky menjawab, ada banyak hal yang dilakukan pihaknya selama tahun 2020. Pertama, melakukan penyesuaian tarif. “Sebelumnya tarif yang digunakan adalah tarif 2008. Di awal tahun kami melakukan penyesuaian,” bebernya.

Ke dua, lanjut Lucky, dirinya menginstruksikan petugas penagihan untuk lebih aktif, mengingat pelanggan PDAM Kota cukup banyak yang menunggak. “Terkait tunggakan juga, kami menerapkan strategi menggratiskan biaya pemasangan baru bagi pelanggan yang sudah tidak aktif karena adanya tunggakan. Bukan hanya itu, tunggakan mereka juga bisa dicicil sesuai kemampuan. Alhamdulillah, pola ini berjalan efektif, dimana kami mendapatkan tambahan penghasilan dari situ,” jelasnya.

Selanjutnya, cara yang ke tiga, kata Lucky, dirinya meningkatkan SDM PDAM Kota Gorontalo dengan cara mengikutkan pegawainya sebanyak 25 orang dalam pelatihan operator tenaga elektrik mekanikal. “Kami juga baru-baru ini, tepatnya awal Juni mengadakan pelatihan bagi 108 pegawai. Alhamdulillah, dengan pelatihan ini, karyawan kami makin berkualitas. Mereka berkerja secara team work dan rasa memiliki perusahaan sangat tinggi,” imbuh Lucky.

Cara lain yang dilakukan PDAM hingga berkinerja baik adalah menyusun bisnis plan. Salah satunya Rencana Induk Sistem Penyediaan Air Minum (RISPAM) “Insya Allah tahun ini kita review. Memang masih ada juga sebagian wilayah-wilayah yang belum kita layani selama 24 jam, karena mereka tinggal didataran yang tinggi,” ungkap Lucky. “Contohnya Pohe, Tenda, Tanjung kramat, Donggala, Tenilo, Buliiide, Pilolodaa, Dembe dan Lekobalo. Di wilayah itu suplai airnya masih dilakukan secara bergantian,” tambahnya.

Kemudian terkait pelayanan pembayaran. Lucky mengatakan, selain pembayaran manual, pihaknya juga melayani pelanggan melakukan pembayaran tagihan secara digital. “Bisa lewat BSG dan BTN. Terus juga bisa lewat aplikasi Jack Online, Shopee, indomaret dan alfamart, serta linkaja. Kita juga dalam waktu dekat akan kerjasama dengan BI untuk pembayaran tagihan lewat QRIS,”terang Lucky.

Dari asepk aduan. Menurut Lucky, aduan pelanggan juga menjadi indikator kinerja baik PDAM. Untuk persoalan aduan ini, kata Lucky, pihaknya telah menyediakan call center yang bisa digunakan pelanggan menyampaikan aduannya. “Kami juga ada official akun Facebook dan media sosial lainnya. Alhamdulillah dengan adanya ini secara bertahap, pelanggan mulai menyampaikan aduan mereka tanpa harus di media sosial mereka masing-masing. Dan aduan yang mereka sampaikan, langsung kami tindak lanjuti, sekalipun diluar jam kerja. Anda bisa lihat kan di akun facebook kami, walaupun malam, petugas kami tetap menindaklanjuti aduan pelanggan,” ujar Lucky.

Terakhir, kata Lucky, pada tahun 2020 juga pihaknya menggratiskan tagihan air selama tiga bulan kepada 1.000 pelanggan yang berpenghasilan rendah. Hal itu, dilakukan PDAM Muara Tirta disaat warga tengah kesusahan dalam situasi pandemi. Ditahun yang sama, PDAM juga menggratiskan tagihan air sebanyak 1.600 langganan yang terdampak banjir bandang. “Kami juga menggratiskan air kepada pelanggan di tiga kecamatan yang terdampak banjir, yaitu Dumbo Raya, Hulonthalangi dan Kota Timur,” pungkasnya.(rwf)

Tags: Marten TahapdamPDAM Kota GorontaloPDAM Muara Tirtawalikota gorontalo

Related Posts

ama Kapolres Boalemo, AKBP Sigit Rahayudi,S.I.K. dipergunakan untuk melakukan penipuan melalui media sosial (Medsos).

Waspada Penipuan Mengatasnamakan Kapolres Boalemo

Monday, 1 December 2025
Personel Samsat saat memberikan pelayanan pengurusan pajak di Mall Gorontalo.

Pengurusan Pajak Kendaraan Bisa Dilakukan di Mall Gorontalo

Monday, 1 December 2025
Personel Satuan Lalu Lintas Polresta Gorontalo Kota mengamankan beberapa motor balap liar, Ahad (30/11). (F. Natharahman/ Gorontalo Post)

Balap Liar Resahkan Masyarakat, Satu Pengendara Kecelakaan, Polisi Amankan 10 Unit Kendaraan

Monday, 1 December 2025
Baliho yang bertuliskan larangan membuang sampah di jalan GORR diabaikan warga. Terbukti di dekat baliho tersebut justru menjadi tempat pembuangan sampah. (Foto: Roy/Gorontalo Post)

Larangan Buang Sampah di GORR Diabaikan

Friday, 28 November 2025
Penarikan. Mobil bak terbuka jenis L-300 oleh Kejari Bone Bolango, Kamis (27/11/2025).

Dikuasasi Pihak Tak Berhak, Kejari Tarik Mobil Pemda Pemda Bonbol

Friday, 28 November 2025
Muh. Kasim

Kapus Sipatana Dicopot, Kadikes : Itu Langkah Cepat Amankan Kapus

Friday, 28 November 2025
Next Post
PPP Jagokan Indra ke Senayan

PPP Jagokan Indra ke Senayan

Discussion about this post

Rekomendasi

Personel Samsat saat memberikan pelayanan pengurusan pajak di Mall Gorontalo.

Pengurusan Pajak Kendaraan Bisa Dilakukan di Mall Gorontalo

Monday, 1 December 2025
Personel Satuan Lalu Lintas Polresta Gorontalo Kota mengamankan beberapa motor balap liar, Ahad (30/11). (F. Natharahman/ Gorontalo Post)

Balap Liar Resahkan Masyarakat, Satu Pengendara Kecelakaan, Polisi Amankan 10 Unit Kendaraan

Monday, 1 December 2025
Anggota DPRRI Rusli Habibie bersam Wagub Gorontalo Idah Syahidah RH. (Foto: dok pribadi/fb)

Rusli Habibie Ajak Sukseskan Gorontalo Half Marathon 2025, Beri Efek ke UMKM

Friday, 28 November 2025
ILustrasi

Dandes Dataran Hijau Diduga Diselewengkan, Dugaan Pengadaan SHS Fiktif, Kejari Segera Tetapkan Tersangka

Monday, 13 January 2025

Pos Populer

  • Rita Bambang, S.Si

    Kapus Sipatana Ancam Lapor Polisi

    13 shares
    Share 5 Tweet 3
  • Senggol-Senggolan di Pemerintahan

    13 shares
    Share 5 Tweet 3
  • Ruang Inap Full, RS Multazam Bantah Tolak Pasien BPJS

    13 shares
    Share 5 Tweet 3
  • GHM 2025, Gusnar Nonaktifkan Kadispora

    13 shares
    Share 5 Tweet 3
  • Dugaan Persetubuhan Anak Dibawah Umur, Oknum ASN Gorut Dibui

    13 shares
    Share 5 Tweet 3
Gorontalopost.co.id

Gorontalo Post adalah Media Cetak pertama dan terbesar di Gorontalo, Indonesia, yang mulai terbit perdana pada 1 Mei 2000 yang beral...

Baca Selengkapnya»

Kategori

  • Boalemo
  • Bone Bolango
  • Disway
  • Ekonomi Bisnis
  • Gorontalo Utara
  • Headline
  • Kab Gorontalo
  • Kota Gorontalo
  • Kriminal
  • Metropolis
  • Nasional
  • Olahraga
  • Otomotif
  • Pendidikan
  • Persepsi
  • Pohuwato
  • Politik
  • Provinsi Gorontalo

Menu

  • Redaksi
  • Tentang Kami
  • Kontak Kami
  • Kode Etik Jurnalistik
  • Pedoman Media Siber
  • Disclaimer
  • Privacy Policy

© 2025 PT. Gorontalo Cemerlang - Gorontalo Post by Div-TI.

No Result
View All Result
  • METROPOLIS
  • PERISTIWA
  • EKONOMI BISNIS
  • SPORTIVO
  • KORAN DIGITAL

© 2025 PT. Gorontalo Cemerlang - Gorontalo Post by Div-TI.