GORONTALO, GP – Pemerintah Kota Gorontalo berhasil mempertahankan predikat sangat baik sebagai unit pelayanan publik pemerintah daerah tahun 2020. Atas prestasi itu, Kota Gorontalo kembali diganjar piagam penghargaan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI.
Penghargaan diserahkan oleh Analis Kebijakan Madya Kemenpan RB, Fahrul Rizal dan diterima Walikota Gorontalo, Marten Taha, di Hotel Greendhika Iskandarsyah Jakarta, Kamis (1/4). Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan Kemenpan RB, Kota Gorontalo masuk dalam 121 daerah yang dinilai sangat baik atau bernilai A menerapkan undang – undang nomor 29 tahun 2009 tentang pelayanan publik.
Menurut Fahrul implementasi UU tersebut yang akan dievaluasi setiap tahun. “Ada 400 unit pelayanan publik yang kita nilai, 200 unit PTSP dan 200 lainnya pelayanan Dukcapil. Kota Gorontalo masuk 121 daerah yang penerapannya sangat baik,” ujar Rizal. Ia menjelaskan, indikator – indokator yang dievaluasi, yakni pertama adalah aspek pelayanan publik.
Kemenpan melihat sejauh mana standar penyusunan dan penetapan pelayanan publik, dengan memberikan kepastian pelayanan dari segi biaya, waktu, syarat dan mekanisme. Selanjutnya, aspek kepuasan masyarakat, kemudahan atas pelayanan sangat menentukan opini kepuasan pelayanan publik. Kemudian, lanjut rizal, adalah aspek profesionalitas SDM, meliputi kompetensi, kode etik dan pemberian reward dan punisment.
Aspek berikut adalah ketersediaan sarana dan prasarana pendukung, seperti ruang tunggu, kenyamanan bagi kaum tertentu, ruang lakstasi dan bermain anak. Hal ini juga, kata Rizal, adalah aspek yang sangat menentukan terpenuhinya standar pelayanan publik. Berikutnya, kata Rizal, aspek sistem informasi pelayanan publik.
Pada aspek ini Kemenpan RB menilai apakah pemanfaatan website unit pelayanan publik selalu melakukan pemutakhiran data secara terus menerus. Kemudian adanya sarana pengelola pengaduan yang bersifat langsung maupun tidak langsung. Terakhir, lanjut Rizal, inovasi yang dibuat, dengan memanfaatkan teknologi terkait pemberian informasi waktu, biaya dan persyaratan agar masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memperoleh pelayanan.
“Kami berharap kota Gorontalo, terus mempertahankan prestasi ini dan kedepan lebih dapat ditingkatkan lagi,” ucap Rizal. Sementara itu, Walikota Gorontalo Marten Taha menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Kemenpan RB yang telah memberikan perhatian serius kepada kota Gorontalo dalam mendorong kualitas pelayanan publik di daerah. “Penghargaan ini tentu akan memotivasi kami di kota Gorontalo dalam memberikan pelayanan yang lebih baik lagi,” tutur Marten.(rwf)
Comment