Gorontalopost.id – Pelayanan publik di Kota Gorontalo terus dioptimalkan oleh pemerintah setempat. Hal itu dilakukan karena layanan publik selalu dikaitkan dengan suatu kegiatan yang dilakukan oleh aparatur atau instansi tertentu dalam rangka memberikan kemudahan kepada masyarakat.
“Saat ini pelayanan publik menjadi semakin penting, karena senantiasa berhubungan dengan masyarakat yang memiliki kepentingan dan tujuan yang beraneka ragam. Untuk itu, kami terus mengoptimalkan layanan kepada publik,” ucap Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan F. Kono, ketika diwawancarai sejumlah wartawan beberapa waktu lalu.
Ryan menambahkan, pelayanan publik dapat dilakukan oleh pemerintah maupun non pemerintah. Jika pemerintah merupakan organisasi birokrasi dalam pelayanan publik, maka organisasi birokrasi pemerintahan merupakan organisasi terdepan yang berhubungan dengan pelayanan publik.
“Dalam hal institusi pemerintah memberikan pelayanan, maka yang terpenting adalah bagaimana memberikan bantuan dan kemudahan kepada masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan dan kepentingannya,” tandasnya.
Di Kota Gorontalo sendiri, lanjut Ryan, sistem pelayan publik disetiap instansi pemerintah sudah berbasis digital, baik itu mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, maupun pada tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD).
Hal ini, lanjut dia, dimaksudkan untuk percepatan seluruh pelayanan kebutuhan masyarakat tepat waktu diseluruh bidang layanan, termasuk layanan kepada seluruh ASN di Kota Gorontalo.
“Untuk mengetahui ketercapaian pelayanan kepada masyarakat tepat waktu, kami senantiasa melakukan evaluasi capaian layanan kepada masyarakat, mulai dari tingkat kelurahan, hingga OPD. Instrumennya valid danreliabel yang leading sektornya ada di bagian Pemerintahan Setda Kota Gorontalo, disamping yang ada ditingkat OPD dengan indikator pengukuran Indeks Kepuasan Pada Masayarakat,” pungkas Ryan. (rwf)












Discussion about this post