logo gorontalo post
  • METROPOLIS
  • PERISTIWA
  • EKONOMI BISNIS
  • SPORTIVO
  • KORAN DIGITAL
No Result
View All Result
Logo gorontalo post
  • METROPOLIS
  • PERISTIWA
  • EKONOMI BISNIS
  • SPORTIVO
  • KORAN DIGITAL
No Result
View All Result
logo gorontalo post
No Result
View All Result
Pemkot Gorontalo
Home Kota Gorontalo

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Inquiri pada Pelajaran Bahasa Inggris

Lukman Husain by Lukman Husain
Tuesday, 8 March 2022
in Kota Gorontalo
0
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Inquiri pada Pelajaran Bahasa Inggris

Tri Imelda Tumulo, S.Pd.

Bagikan ke FacebookBagikan ke TwitterBagikan ke Whatsapp

Oleh 

Tri Imelda Tumulo, S.Pd.

Bagian I

MENINGKATKAN Hasil Belajar Siswa melalui Pendekatan Inquiri pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris, kelas XII SMA Negeri 4 Gorontalo begitu penting karena memberikan dampak baik terhadap peningkatan belajar siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hasil belajar siswa melalui pendekatan inquiri pada mata pelajaran Ilmu Bahasa Inggris kelas XII SMA Negeri 4 Gorontalo. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Gorontalo yang berjumlah 30 orang, usianya rata-rata antara 16 – 17 tahun.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan analisis data dilakukan melalui analisis terhadap hasil observasi dan hasilnya digunakan untuk merefleksi diri terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik. Hasil analisis ini akan digunakan untuk merencanakan tindakan pada setiap siklus berikutnya.

Related Post

Adhan Sebut Menteri Hukum Sosok yang Sederhana

Rapat Forkopimda Bahas Kestabilan Bahan Pokok

Final Lomba Tari Tradisional Dana-Dana Meriah, Adhan-Indra Berhasil Lestarikan Budaya

APBD 2026 Merosot, Adhan: Bukan Alasan untuk Berkinerja

Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata persentase jumlah siswa yang memperlihatkan peningkatan hasil belajar yang diharapkan, seperti yang nampak pada pada siklus I pendekatan inquiri terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 54,4%.

Pada siklus II, pendekatan inquiri terjadi peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 76,7%. Disamping itu hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yakni “ Jika digunakan pendekatan inquiri dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris maka hasil belajar siswa kelas XII SMA Negeri 4 Gorontalo akan meningkat.” dapat diterima.

Latar belakang permasalahan biasanya terjadi pada proses belajar mengajar interaksi dalam bentuk aktivitas belajar akan meningkatkan kemampuan siswa untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Tugas guru sebagai pendidik, pengajar dan pembina harus dapat mengungkapkan kelemahan-kelemahan siswa dalam proses pembelajaran. Tidak semua siswa dapat menyelesaikan tugas dengan baik dan benar, bahkan ada siswa yang dalam proses belajar merasa dipaksa dan terpaksa untuk menyelesaikan tugas.

Berdasarkan hal tersebut, maka guru perlu melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dapat merangsang siswa untuk meningkatkan kemampuannya dalam memahami materi yang diajarkan. Kegiatan tersebut dapat dilakukan melalui penggunaan metode pembelajaran yang sesuai, seperti: metode tanya jawab, metode simulasi dan metode bermain peran dengan menggunakan alat bantu yang dapat merangsang minat siswa dalam belajar.

Dari pengalaman sehari-hari dengan siswa dalam proses belajar mengajar di kelas seringkali siswa tidak memperhatikan penjelasan guru, sehingga ketika diberikan tugas maka siswa tidak dapat mengerjakannya dengan baik.

Oleh sebab itu perlu adanya metode pembelajaran yang dapat merangsang minat siswa belajar disertai media/sarana yang dapat digunakan siswa untuk memahami materi pelajaran. Salah satu metode atau pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan adalah inquiri.

Melalui pendekatan inquiri diharapkan siswa dapat mengembangkan kemampuannya dalam proses belajar mengajar, baik dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru maupun kegiatan- kegiatan lainnya dalam pembelajaran.

Selain hal-hal yang diungkapkan di atas, upaya guru melakukan perbaikan perilaku dalam proses belajar mengajar dimotivasi oleh harapan akan kemampuan siswa dalam meningkatkan hasil belajar sehingga mereka menjadi siswa-siswa yang terampil dan memiliki dedikasi yang tinggi dalam hidup bermasyarakat.

Harapan-harapan tersebut sudah tentunya ditopang oleh usaha-usaha membelajarkan siswa melalui kegiatan berlatih. Tanpa melatih dan membiasakan siswa untuk belajar dengan baik, maka harapan-harapan tersebut tidak akan terwujud sesuai dengan yang diinginkan Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan salah satu SMA yang berada di Kota Gorontao yang melaksanakan proses belajar mengajar secara konvensional.

Dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, guru berusaha mengembangkan kemampuan siswa baik secara kognitif, afektif maupun psikomotor. Namun hasil belajar yang diperoleh siswa masih rendah. Hal tersebut nampak pada perolehan nilai setiap semester.

Pada pelaksanaan semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 dari 30 siswa, yang memperoleh nilai baik atau 71 ke atas hanya 55% sedangkan 45% lainnya memperoleh nilai di bawah 71.

Hal ini apabila dibiarkan akan berakibat buruk pada siswa, terutama pada perkembangan intelektualnya. Setiap siswa dapat saja pintar membaca, mahir berbicara, tetapi tidak mampu mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru dengan baik maka hasil belajar tidak akan optimal.

Walaupun pada kenyataanya guru selalu memotivasi siswa dengan berbagai macam teknik, namun perubahan tingkah laku yang diharapkan belum tepat pada sasaran.

Untuk itu guru melakukan upaya lain yakni dengan menggunakan pendekatan inquiri dalam proses pembelajaran. Berdasarkan kenyataan tersebut maka peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan mengangkat judul “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Pendekatan Inquiri pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris kelas XII SMA Negeri 4 Gorontalo”.

Dalam perumusan masalah, dalam penelitian ini yang menjadi pertanyaan itu adalah, apakah pendekatan inquiri ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa atau tidak. Permasalahan tersebut mendapatkan solusinya, karena permasalahan tentang hasil belajar siswa dapat dilakukan antara lain dengan pendekatan inquiri dalam proses pembelajaran.

Pendekatan inquiri merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat.

Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa.(Bersambung)

Tags: bahasa inggrishasil belajar siswaInquiri

Related Posts

Wali Kota Gorontalo, Adhan Dambea didampingi sejumlah pejabat Pemkot Gorontalo tengah bersama dengan Menteri Hukum RI, Supratman Andi Agtas, Jumat (28/11/2025). (Foto: Prokopim)

Adhan Sebut Menteri Hukum Sosok yang Sederhana

Monday, 1 December 2025
Suasana pelaksanaan rapat Forkopimda yang dipimpin Wali Kota Gorontalo, Adhan Dambea pada Sabtu (29/11/2025). (Foto: Prokopim)

Rapat Forkopimda Bahas Kestabilan Bahan Pokok

Monday, 1 December 2025
Ribuan warga tengah memadati Lapangan Taruna Remaja untuk menyaksikan babak final Lomba Tari Dana-Dana, Sabtu (30/11/2025). (Foto: Prokopim)

Final Lomba Tari Tradisional Dana-Dana Meriah, Adhan-Indra Berhasil Lestarikan Budaya

Monday, 1 December 2025
Adhan Dambea

APBD 2026 Merosot, Adhan: Bukan Alasan untuk Berkinerja

Wednesday, 26 November 2025
Suasana pelaksanaan kegiatan sosialisasi sistem parkir berlangganan, Selasa (25/11/2025). (Foto: Prokopim)

Parkir Berlangganan Mulai Disosialisasikan

Wednesday, 26 November 2025
Undangan penerimaan penghargaan Swasti Saba untuk Pemkot Gorontalo.

Pemkot Gondol Penghargaan Swasti Saba Padapa, Satu-satunya Daerah di Gorontalo

Wednesday, 26 November 2025
Next Post
Bye bye Swab, Perjalanan Domestik, PCR dan Atigen Tak Berlaku

Bye bye Swab, Perjalanan Domestik, PCR dan Atigen Tak Berlaku

Discussion about this post

Rekomendasi

Personel Samsat saat memberikan pelayanan pengurusan pajak di Mall Gorontalo.

Pengurusan Pajak Kendaraan Bisa Dilakukan di Mall Gorontalo

Monday, 1 December 2025
Personel Satuan Lalu Lintas Polresta Gorontalo Kota mengamankan beberapa motor balap liar, Ahad (30/11). (F. Natharahman/ Gorontalo Post)

Balap Liar Resahkan Masyarakat, Satu Pengendara Kecelakaan, Polisi Amankan 10 Unit Kendaraan

Monday, 1 December 2025
Anggota DPRRI Rusli Habibie bersam Wagub Gorontalo Idah Syahidah RH. (Foto: dok pribadi/fb)

Rusli Habibie Ajak Sukseskan Gorontalo Half Marathon 2025, Beri Efek ke UMKM

Friday, 28 November 2025
ILustrasi

Dandes Dataran Hijau Diduga Diselewengkan, Dugaan Pengadaan SHS Fiktif, Kejari Segera Tetapkan Tersangka

Monday, 13 January 2025

Pos Populer

  • Rita Bambang, S.Si

    Kapus Sipatana Ancam Lapor Polisi

    13 shares
    Share 5 Tweet 3
  • Senggol-Senggolan di Pemerintahan

    13 shares
    Share 5 Tweet 3
  • Ruang Inap Full, RS Multazam Bantah Tolak Pasien BPJS

    13 shares
    Share 5 Tweet 3
  • GHM 2025, Gusnar Nonaktifkan Kadispora

    13 shares
    Share 5 Tweet 3
  • Dugaan Persetubuhan Anak Dibawah Umur, Oknum ASN Gorut Dibui

    13 shares
    Share 5 Tweet 3
Gorontalopost.co.id

Gorontalo Post adalah Media Cetak pertama dan terbesar di Gorontalo, Indonesia, yang mulai terbit perdana pada 1 Mei 2000 yang beral...

Baca Selengkapnya»

Kategori

  • Boalemo
  • Bone Bolango
  • Disway
  • Ekonomi Bisnis
  • Gorontalo Utara
  • Headline
  • Kab Gorontalo
  • Kota Gorontalo
  • Kriminal
  • Metropolis
  • Nasional
  • Olahraga
  • Otomotif
  • Pendidikan
  • Persepsi
  • Pohuwato
  • Politik
  • Provinsi Gorontalo

Menu

  • Redaksi
  • Tentang Kami
  • Kontak Kami
  • Kode Etik Jurnalistik
  • Pedoman Media Siber
  • Disclaimer
  • Privacy Policy

© 2025 PT. Gorontalo Cemerlang - Gorontalo Post by Div-TI.

No Result
View All Result
  • METROPOLIS
  • PERISTIWA
  • EKONOMI BISNIS
  • SPORTIVO
  • KORAN DIGITAL

© 2025 PT. Gorontalo Cemerlang - Gorontalo Post by Div-TI.