gorontalopost.co.id – Peran media dinilai penting dalam kinerja perekonomian di daerah. Dengan berita yang mudah dipahami dan komunikatif, masyarakat teredukasi dengan baik. Hal tersebut menjadi penekanan Deputi Kepala Perwakilan BI Gorontalo, Ciptoning Suryo Condro, pada pelaksanaan Capacity Building dengan melibatkan belasan perwakilan media di Gorontalo, berlangsung di Yogyakarta 11-14 Agustus 2025.

Ciptoning saat media visit ke kantor Harian Kedaulatan Rakyat Yogyakarta, Rabu (13/8) menyebutkan, peran penting media dalam kinerja ekonomi suatu daerah, yakni terkait dengan pemberitaan atau penyebaran informasi yang berdampak pada pembentukan opini publik.
Menurut dia, kepercayaan publik adalah pondasi dalam perbankan dan perekonomian. Untuk menjaga itu, jelas membutuhkan peran media untuk menyebarkan informasi dan literasi keuangan positif ke masyarakat. “Bank dan perekonomian itu dasarnya adalah kepercayaan, maka ada keterlibatan media di dalamnya dalam hal penyebaran informasi,”katanya.
Ia bersyukur, di Gorontalo media turut membantu Bank Indonesia dalam mengedukasi masyarakat terkait isu-isu ekonomi di daerah, kedepan ia berharap berita ekonomi lebih membumi dengan bahasa yang komunikatif.
Selain media visit, Capacity Building media bersama Bank Indonesia juga dilakukan dengan pemaparan materi terkait kondisi ekonomi di daerah, yang disampaikan ekonom junior BI Gorontalo, M. Rafid Farhan, berlangsung di Hotel Tentrem Yogyakarta. Farhan menggambarkan kondisi inflasi, pertumbuhan ekonomi, hingga isu-isu ekonomi makro seperti harga komoditi, suplay and deman, trend belanja, dan peran Bank Indonesia Gorontalo.
Tak kalah menarik adalah materi penulisan berita ekonomi, dan penggangkatan isu-isu ekonomi yang disampaikan editor senior CNBC Indonesia, Hadijah Alaydrus. Sebagai media, kata dia, tentunya turut bertanggungjawab mengedukasi masyarakat, termasuk dalam hal ekonomi. “Up date terkini terkait kebijakan pemerintah yang menyangkut perekonomian, itu harus cepat didistribusikan informasinya ke masyarakat, melalui peran media,”katanya. Tidak hanya menerima materi, perwakilan media yang menjadi peserta Capacity Building juga melakukan kunjungan ke sejumlah pelaku UMKM di Yogyakarta. (tro)











Discussion about this post