logo gorontalo post
  • METROPOLIS
  • PERISTIWA
  • EKONOMI BISNIS
  • SPORTIVO
  • KORAN DIGITAL
No Result
View All Result
Logo gorontalo post
  • METROPOLIS
  • PERISTIWA
  • EKONOMI BISNIS
  • SPORTIVO
  • KORAN DIGITAL
No Result
View All Result
logo gorontalo post
No Result
View All Result
Pemkot Gorontalo
Home Headline

BigBox Luncurkan BigAssistant, Chatbot AI yang Semakin Canggih

Lukman Husain by Lukman Husain
Tuesday, 17 June 2025
in Headline
0
Makin Canggih, BigBox Perkenalkan BigAssistant, Layanan Chatbot berbasis AI-Telkom-

Makin Canggih, BigBox Perkenalkan BigAssistant, Layanan Chatbot berbasis AI-Telkom-

Bagikan ke FacebookBagikan ke TwitterBagikan ke Whatsapp

Gorontalopost.co.id, DISWAY.ID — Efisiensi operasional menjadi kunci kritikal bagi perusahaan untuk tetap bertahan dan unggul di tengah persaingan bisnis yang kian ketat, salah satu caranya dengan memanfaatkan chatbot PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), seperti BigAssistant dari BigBox AI.

BigBox mengembangkan BigAssistant untuk membantu meningkatkan efisiensi operasional dengan cara mengotomatisasi layanan pelanggan.

BigBox sendiri merupakan unit bisnis Artificial Intelligence (AI) dan Big Data Analytics milik Telkom yang menyediakan solusi canggih untuk membantu penggunanya, baik bisnis atau pemerintahan dalam membuat keputusan berbasis data dengan lebih akurat dan efisien.

BigAssistant adalah solusi chatbot berbasis kecerdasan buatan yang dirancang untuk meningkatkan interaksi antara bisnis dan pelanggan dengan memanfaatkan teknologi Generative AI dan Natural Language Processing (NLP). BigAssistant memanfaatkan dua teknologi ini untuk memberikan respons cerdas dan personal dalam berbagai konteks layanan.

Related Post

Gubernur Gusnar Ismail dan Wagub Idah Syahidah Hadiri Peringatan HUT Korpri ke 54

GHM 2025, Garuda Ubah Jadwal Terbang

LPS Tekankan Pentingnya Penjaminan Simpanan bagi Masyarakat

Kursi Banteng Segera Terisi, Ganti Wahyu, PAW Dedi Mulai Berproses

Teknologi berbasis NLP mampu mengenali maksud percakapan dan memberikan jawaban yang relevan secara tepat waktu. Dengan kemampuan interaksi multimodal, pengguna dapat berkomunikasi melalui teks maupun suara secara alami dan efisien.

Selain itu, BigAssistant dapat terintegrasi langsung dengan sistem backend perusahaan untuk menyajikan informasi real-time seperti status pesanan, jadwal layanan, atau bantuan teknis.

Tak kalah penting, fitur personalisasi memungkinkan sistem untuk mempelajari preferensi pengguna dari interaksi sebelumnya, guna menghadirkan layanan yang lebih sesuai dan responsif terhadap kebutuhan masing-masing individu.

Teknologi Canggih di Balik BigAssistant

BigAssistant memberikan berbagai manfaat nyata bagi dunia bisnis maupun pemerintahan, terutama dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan.

Dengan kemampuan otomatisasi respons terhadap pertanyaan umum, teknologi ini mampu mengurangi beban kerja layanan pelanggan dan mempercepat proses penanganan permintaan. Layanan yang tersedia 24/7 dengan respons yang cepat dan akurat turut meningkatkan kepuasan pengguna secara signifikan.

Selain itu, BigAssistant dirancang untuk dapat menangani volume interaksi yang tinggi tanpa mengorbankan kualitas, menjadikannya solusi yang sangat scalable.

Teknologi ini juga menyediakan data dan wawasan dari setiap interaksi, sehingga membantu organisasi dalam mengambil keputusan yang lebih tepat dan strategis.

Saat ini, BigAssistant yang pada dasarnya merupakan chatbot berbasis AI, telah dimanfaatkan di berbagai sektor seperti layanan pelanggan, e-commerce, perbankan, dan layanan publik, mendukung terciptanya pelayanan yang lebih responsif, efisien, dan berbasis data.

“Di era digital saat ini, efisiensi operasional tidak lagi menjadi nilai tambah semata, melainkan kebutuhan strategis yang menentukan daya saing. BigAssistant hadir sebagai solusi inovatif yang dikembangkan oleh BigBox AI untuk menjawab tantangan tersebut.

“Dengan mengotomatisasi layanan dan mengintegrasikan akses terhadap data serta insight yang bernilai, BigAssistant memungkinkan perusahaan untuk beroperasi secara lebih gesit, responsif, dan personal.

Lebih dari itu, teknologi ini membantu membangun fondasi pengambilan keputusan yang lebih cerdas,” ungkap EVP Digital Business & Technology Telkom Komang Budi Aryasa.(*)

Tags: aibigassistantbigboxchatbottelkom

Related Posts

GHM 2025, Garuda Ubah Jadwal Terbang

GHM 2025, Garuda Ubah Jadwal Terbang

Tuesday, 2 December 2025
Wagub Idah Syahidah Rusli Habibie menyerahkan penghargaan The Best ASN of The Month pada apel akbar HUT ke-54 Korpri dan HUT ke-25 Provinsi Gorontalo di halaman Museum Purbakala, Senin (1/12). (Foto : Haris/diskominfotik)

Gubernur Gusnar Ismail dan Wagub Idah Syahidah Hadiri Peringatan HUT Korpri ke 54

Tuesday, 2 December 2025
Kepala Kantor Perwakilan LPS III, Fuad Zaen dan Deputi Kepala Kantor Perwakilan LPS III Deputi bersama para media dalam kegiatan Meet Up, di Aston Gorontalo, Senin (1/1/2025).

LPS Tekankan Pentingnya Penjaminan Simpanan bagi Masyarakat

Monday, 1 December 2025
Dedy Hamzah

Kursi Banteng Segera Terisi, Ganti Wahyu, PAW Dedi Mulai Berproses

Monday, 1 December 2025
Rute 21K Gorontalo Half Marathon (GHM) 2025 yang dirilis panitia.

GHM 2025, Pemprov Resmi Kantongi Rekomendasi Jalan

Monday, 1 December 2025
Plh Kepala Perwakilan BI Gorontalo, Ciptoning Suryo Condro menyerahkan penghargaan kepada Dirut Gorontalo Post, Mohamad Sirham pada PTBI 2025, Jumat (28/11). (Foto: Diyanti/Gorontalo Post)

Gorontalo Post Terima Apresiasi Bank Indonesia, Bersama Belasan Mitra Terus Perkuat Kolaborasi

Monday, 1 December 2025
Next Post
Ganda Putri Indonesia berhasil mengunci tiga tiket ke babak 16 besar Indonesia Open 2025-Dok. PBSI-

Ganda Putri Raih Kemenangan, Tiga Wakil Lolos ke 16 Besar Indonesia Open 2025

Discussion about this post

Rekomendasi

Seorang buruh ditemukan sudah meninggal dunia di lokasi perusahaan yang ada di wilayah Bone Bolango, dan langsung dibawa oleh pihak Kepolisian ke rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan.

Seorang Buruh Ditemukan Tak Bernyawa, Sempat Mengeluh Pusing dan Muntah, Keluarga Tolak Autopsi

Tuesday, 2 December 2025
Personel Samsat saat memberikan pelayanan pengurusan pajak di Mall Gorontalo.

Pengurusan Pajak Kendaraan Bisa Dilakukan di Mall Gorontalo

Monday, 1 December 2025
Kepala Kantor Perwakilan LPS III, Fuad Zaen dan Deputi Kepala Kantor Perwakilan LPS III Deputi bersama para media dalam kegiatan Meet Up, di Aston Gorontalo, Senin (1/1/2025).

LPS Tekankan Pentingnya Penjaminan Simpanan bagi Masyarakat

Monday, 1 December 2025
ILustrasi

Dandes Dataran Hijau Diduga Diselewengkan, Dugaan Pengadaan SHS Fiktif, Kejari Segera Tetapkan Tersangka

Monday, 13 January 2025

Pos Populer

  • Rita Bambang, S.Si

    Kapus Sipatana Ancam Lapor Polisi

    13 shares
    Share 5 Tweet 3
  • Senggol-Senggolan di Pemerintahan

    13 shares
    Share 5 Tweet 3
  • Ruang Inap Full, RS Multazam Bantah Tolak Pasien BPJS

    13 shares
    Share 5 Tweet 3
  • Seorang Buruh Ditemukan Tak Bernyawa, Sempat Mengeluh Pusing dan Muntah, Keluarga Tolak Autopsi

    13 shares
    Share 5 Tweet 3
  • GHM 2025, Gusnar Nonaktifkan Kadispora

    13 shares
    Share 5 Tweet 3
Gorontalopost.co.id

Gorontalo Post adalah Media Cetak pertama dan terbesar di Gorontalo, Indonesia, yang mulai terbit perdana pada 1 Mei 2000 yang beral...

Baca Selengkapnya»

Kategori

  • Boalemo
  • Bone Bolango
  • Disway
  • Ekonomi Bisnis
  • Gorontalo Utara
  • Headline
  • Kab Gorontalo
  • Kota Gorontalo
  • Kriminal
  • Metropolis
  • Nasional
  • Olahraga
  • Otomotif
  • Pendidikan
  • Persepsi
  • Pohuwato
  • Politik
  • Provinsi Gorontalo

Menu

  • Redaksi
  • Tentang Kami
  • Kontak Kami
  • Kode Etik Jurnalistik
  • Pedoman Media Siber
  • Disclaimer
  • Privacy Policy

© 2025 PT. Gorontalo Cemerlang - Gorontalo Post by Div-TI.

No Result
View All Result
  • METROPOLIS
  • PERISTIWA
  • EKONOMI BISNIS
  • SPORTIVO
  • KORAN DIGITAL

© 2025 PT. Gorontalo Cemerlang - Gorontalo Post by Div-TI.