Gorontalopost.id, GORONTALO – Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Gorontalo menyelenggarakan pelatihan pemasaran destinasi wisata secara digital di Kota Gorontalo, Kamis (15/8/2024) di Hotel Aston.
Pelatihan ini digelar guna meningkatkan pengetahuan dan kompetensi pengelola destinasi wisata dan dapat memanfaatkan teknologi informasi komunikasi dalam memasarkan pariwisata. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Pengembangan dan Informasi Pariwisata, Mellisa Wala saat membacakan laporan panitia.
“Kegiatan ini akan diselenggarakan selama tiga hari kedepan, dengan peserta berjumlah 40 orang, dan kami mendatangkan pemateri dari berbagai keahlian, yakni unsur akademisi, praktisi fotografer profesional, dan praktisi vlogger profesional,” ungkap Mellisa.
Kegiatan itu sendiri dibuka secara resmi oleh penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota Gorontalo, Deddy Kadullah. Dalam sambutannya, Deddy menyampaikan apresiasinya kepada Disparpora yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Apresiasi disampaikan, karena kata Deddy, untuk pemasaran destinasi wisata di Kota Gorontalo mestinya sudah beralih ke digital.

“Di era digital saat ini, sudah semakin canggih dalam mempromosikan sesuatu, salah satunya objek tujuan wisata. Oleh karena itu, dibutuhkan konten kreator untuk membantu pelaku usaha memasarkannya,” ungkap Deddy.
Menurut Deddy, jika itu dilakukan, maka akan memantik wisatawan untuk berkunjung ke destinasi wisata yang ada di Kota Gorontalo. “Kota Gorontalo ini kan pusat perdagangan dan jasa, yang kita tawarkan adalah usaha sarana dan jasa kepariwisataan, seperti hotel, restoran, pusat perbelanjaan dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kalau pemasarannya bagus, mereka nyaman, otomatis datang ke sini tidak hanya transit saja,” ungkap Deddy.
Deddy berharap kegiatan ini bisa dimaksimalkan, mengingat urgensi yang ia sampaikan tadi sangat penting untuk diterapkan di sektor pariwisata yang ada di Kota Gorontalo. “Harapan dari pelatihan ini, tolong ikuti dengan baik. Setelah itu, diimplementasikan segera agar bisa mengolah dan mengembangkan pariwisata dan potensi lokal yang kita miliki, serta lebih mengenal produk dan karakter pariwisata di Kota Gorontalo,” kunci Deddy.
Pemateri yang didatangkan oleh Dinas Pariwisata Kota Gorontalo dalam pelatihan ini yakni Melinda Modjo dan Rendy dari Akademisi Pariwisata UNG, Rosyid dan Arif Adam dari praktisi fotografer profesional, dan Iswan Febrianto Saleh dari praktisi kreator digital profesional.(rwf)












Discussion about this post