Gorontalopost.id – Menginap di Hotel Aston Gorontalo kini semakin lengkap dengan sajian produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) Gorontalo disetiap kamar. Produk cemilan itu disediakan gratis pada mini bar bagi setiap tamu. Langkah ini, merupakan bentuk komitmen Aston Gorontalo Hotel & Villas untuk mendukung dan mengembangkan produk UMKM Gorontalo. Selain produk makanan, para tamu juga bisa menjumpai karawo, fesyen hasil sulam tangan UMKM.
SEJAK Hadir di Gorontalo pada tahun 2021, Aston Gorontalo terus membuktikan komitmennya mendukung produk-produk yang dihasilkan oleh UMKM lokal, dengan bukti nyata memasarkan produk UMKM yang di set di dalam kamar maupun lobby hotel dan digunakan sebagai bahan makanan dan minuman untuk penyediaan di restoran maupun kegiatan rapat-rapat di ruang rapat ASTON Gorontalo.
“Mulai februari 2023 nanti, ASTON Gorontalo akan melengkapi mini bar, dengan menambahkan produk di seluruh tipe kamar yang dapat dikonsumsi secara gratis oleh tamu. Mini bar produk UMKM gratis ini, tidak mempengaruhi harga kamar,”ujar General Manager ASTON Gorontalo Hotel & Villas, Alain John-John Siwy saat jumpa media, kemarin.
Upaya ini, kata dia, agar menjadikan produk UMKM Gorontalo semakin dikenal luas. Seperti diketahui, tamu yang menginap di hotel, datang dari berbagai daerah bahkan luar negeri. Mereka bisa menikmati hasil UMKM, dan mengenalnya, sehingga bisa memesan lebih banyak lagi.
“Tujuan kami untuk lebih memperkenalkan produk-produk UMKM. Memang, kami melakukan kurasi terhadap beberap UMKM yang bekerja sama. Produknya harus standar berkualitas, dan itu dipenuhi,”terang Alain John-John Siwy. Awalnya, produk-produk UMKM itu hanya disiapkan di kamar premium, namun kini seluruh kamar sudah disiapkan produk UMKM gratis. “Dan selama ini, ternyata banyak tamu yang suka dengan produk-produk UMKM ini, mereka melakukan pemesanan langsung ke pelaku usahanya. Tidak lagi melalui hotel. Itu satu kebahagiaan bagi kami,”ujarnya. Selain makanan ringan, produk UMKM seperti kopi pinogu juga menjadi sajian disetiap kamar. Aston Gorontalo kata dia lebih memanfaatkan produk UMKM kopi pinogu dari pada kopi pabrikan dari luar Gorontalo. “Kami lebih memperkenalkan, di Gorontalo ada kopi pinogu yang nikmat,”ungkapnya.
Tidak hanya produk makanan, ASTON Gorontalo pun memberikan wadah kepada UMKM yang bergerak di bidang Fashion, seperti tradisional karawo untuk dikenalkan dan pasarkan. Produk karawo itu bahkan dipajang di area lobby dan juga telah menyiapkan beberapa pilihan di front office, sehingga tamu dapat langsung bertransaksi untuk membeli. “Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan beberapa UMKM yang ada di Gorontalo, kami juga sangat mengapresiasi kepada UMKM yang sudah memberikan produk terbaiknya yang dapat kita kenalkan kepada tamu-tamu hotel kami. Hal ini juga sebagai bentuk tanggung jawab sosial kami guna membantu dan meningkatkan penjualan produk UMKM itu sendiri,”terangnya.
Dukungan Aston Gorontalo itu dirasakan langsung para pelaku UMKM. Misalnya, Elisabeth, pelaku usaha Kinamang Food and Cookies. Sejak bermitra dengan Aston Gorontalo kurang lebih dua tahun terakhir, omset penjualanya bahkan melonjak lebih dari 100 persen.”Berlipat-lipat itu hanya untuk Aston saja. Biasanya, saya mendapat orderan langsung dari tamu hotel dengan jumlah yang lumayan banyak,”ujar Elisabeth. Bekerja sama dengan Aston, kata dia, bukan lantaran kedekatan, namun Aston benar-benar melakukan kurasi terhadap produk yang dipasarkan. “Kami sangat bersyukur bisa menjadi mitra Aston,”katanya.
Hal yang sama diungkapkan Dewi Nasaru, dari usaha Rahida Cookies. Menururnya, ia baru beberapa bulan bermitra dengan Aston, dan penjualanya meningkat drastis. “Memang masuk ke sini (Aston) tidak gampang, semua harus dikurasi, memenuhi kriteria. Dan selama bermitra ini, kami mendapat orderan yang meningkat terus,”paparnya. Sama seperti Elisabeth, Dewi juga mengungkapkan jika tamu hotel banyak melakukan pesanan langsung. “Saya tanya tahu produk dari mana, ternyata dari Ason. Alhamdulillah, karena selama ini kami juga terus membangun brand. Dengan menjadi mitra Aston, brand UMKM kami juga dikenal oleh para tamu hotel,”tandasnya. (tro)











Discussion about this post