MARISA-GP- Kemudahan transaksi saat ini dengan adanya Mobile Banking ataupun beragam aplikasi transaksi elektronik yang menawarkan kecepatan dan ketepatan membuat masyarakat sangat dimudahkan. Namun hal ini jika tidak dibarengi dengan kewaspadaan, malah akan merugikan pengguna layanan tersebut. Mengingat maraknya penipuan online yang juga semakin beragam modusnya.
Hal ini sebagaimana disampaikan Pimpinan Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Marisa, Abdul Muis Pali, kepada awak media, Rabu (9/11/2022).
Bukan tanpa alasan, peringatan ini disampaikan mengingat sudah banyak kasus yang menimpa masyarakat, tak terkecuali nasabah BRI itu sendiri, yang menjadi korban penipuan tersebut. Kemajuan teknologi kerap disalah gunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab dengan melakukan social engineering (Soceng) dan membuat dana nasabah raib.
Guna meminimalisir jatuhnya korban begal Rekening ini, Pimpinan Cabang BRI Marisa, Abdul Muis Pali, menghimbau kepada semua nasabah BRI untuk tidak memberikan ataupun membagikan informasi data pribadi nasabah kepada siapapun. Baik itu user name dan password maupun Mobile Pin dan kode OTP.
“Kemajuan teknologi memang memberikan dampak positif dan negatif bagi pengguna atau nasabah BRI. Maka dari itu agar kita terhindar dari penipuan jangan pernah beritahukan kerahasiaan user name, password, Pin ataupun kode OTP kepada siapapun. Ini sangat penting biar tidak ada korban-korban lagi,” ujarnya.
Sebagai upaya pencegahan begal rekening ini, Bank BRI sendiri, jelas Abdul Muis, sudah sering melakukan edukasi-edukasi kepada masyarakat dan Nasabah Bank BRI, untuk lebih berhati-hati terhadap berbagai macam modus penipuan. Baik itu penipuan dengan cara menghubungi nasabah melalui sambungan telepon, SMS, ataupun tautan informasi tertentu yang bisa menggiring nasabah untuk memasukkan informasi rekening nasabah.
“Di kami sendiri sudah sering memberikan edukasi kepada nasabah bahkan saat mereka nasabah pertama kali membuka rekening. Disitu kita sampaikan terkait kerahasiaan data ataupun pin. Ke sosial media juga sering, bahkan ditiap kegiatan itu yang selalu kita sampaikan,” tambahnya.
Lebih lanjut dirinya berharap agar setiap nasabah untuk tidak menanggapi jika ada nomor pribadi yang mengatasnamakan BRI menghubungi nasabah, baik lewat medsos, WA, SMS, maupun telpon. (ayi)












Discussion about this post