Gorontalopost.co.id, PUNCAK BOTU — Pembahasan perubahan APBD 2025 mulai bergulir di Deprov Gorontalo. Diawali rapat Banggar dengan TAPD dan sejumlah OPD Pemprov Gorontalo, kemarin (20/8). Dalam rapat tersebut, OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo menyampaikan dan membahas rencana perubahan anggaran di lingkungan OPD masing-masing.
OPD tersebut masing-masing : Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Permukiman (PUPR & PKP), Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Kumperindag), Dinas Pertanian, Dinas Pangan, Dinas Perhubungan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Pemuda dan Olahraga, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta Satuan Polisi Pamong Praja, Linmas dan Pemadam Kebakaran
“Pembahasan difokuskan pada evaluasi capaian kinerja anggaran tahun berjalan, serta penyesuaian anggaran pada perubahan APBD yang mencerminkan kebutuhan prioritas pembangunan daerah hingga akhir tahun anggaran,” ujar Ketua Deprov Thomas Mopili yang memimpin langsung rapat tersebut.
Thomas juga menekankan pentingnya sinergi antara legislatif dan eksekutif dalam menjaga efisiensi dan efektivitas penggunaan anggaran. Dalam rapat itu, sejumlah catatan dan koreksi disampaikan oleh anggota Banggar atas program/kegiatan yang dinilai belum optimal atau perlu disesuaikan dengan kondisi aktual daerah.
“Rapat kerja ini merupakan bagian dari tahapan penting dalam penyusunan Perubahan APBD 2025 sebelum ditetapkan menjadi Peraturan Daerah, serta sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah,” tambah Wakil Ketua Deprov La Ode Haimudin. (rmb)












Discussion about this post