Gorontalopost.co.id, GORONTALO — Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus berkomitmen memberikan layanan kepada semua pesertanya.
Olehnya sebagai pengelola Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan memastikan bahwa peserta dapat dengan mudah mengakses setiap layanan di era serba teknologi.
Sangat disayangkan masih banyak masyarakat yang kurang memahami prosedur atau mekanisme layanan kesehatan tersebut. Hal ini terungkap dalam kegiatan Media Gathering BPJS Kesehatan kantor cabang Gorontalo tahun 2025 yang diikuti oleh awak media didaerah ini. Kamis, (22/05).
Kepala kantor BPJS Kesehatan cabang Gorontalo Djamal Adriansyah mengatakan, upaya optimalisasi layanan ini salah satunya terkait layanan administrasi.
Dirinya mengakui, kendati layanan BPJS Kesehatan sudah berbasis non fisik atau digital namun masih banyak peserta yang melakukan kunjungan ke kantor BPJS Kesehatan hanya untuk mengurus pindah fasilitas kesehatan (Faskes). Sementara jumlah kunjungan sekitar 70 sd 90 orang perhari.
“Ternyata mayoritas yang datang melakukan kunjungan ke kantor BPJS Kesehatan hanya untuk mengurus sesuatu yang bisa diurus dengan menggunakan gadget atau Handphone android,”kata Djamal Adriansyah.
Menurut Djamal, BPJS Kesehatan telah lama memiliki tiga layanan online yang sudah ditingkatkan yakni Mobile JKN, PANDAWA serta CARE CENTER 165 yang dengan mudah dapat di akses dimana saja tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan.
Inovasi layanan ini sangat efisien yang dapat digunakan peserta JKN mengurus administrasi layanan sesuai kebutuhannya seperti Mobile JKN yang memiliki fitur diantaranya Info Program JKN, Lokasi Faskes, Riwayat Pelayanan Kesehatan, Perubahan Data Peserta, Pedaftaran Pelayanan atau antrian online, Konsultasi Dokter/ TeleHealth, Informasi Iuran dan Pembayaran Autodebet, Skrining Kesehatan Mandiri, Pengaduan Layanan serta Bugar.
Djamal juga menjelaskan tentang penggunaan KTP sebagai sarana berobat gratis yang memudahkan peserta mengakses layanan BPJS Kesehatan. Layanan Online selanjutnya adalah PANDAWA yang terintegrasi dengan Chat Assistant JKN (CHIKA).
Sejak 1 April 2024 layanan informasi administrasi ini bisa diakses melalui satu nomor yakni 08118165165 sebagai layanan one stop service untuk layanan non tatap muka. (lyd)











Discussion about this post